20 Okt 2017

Pesona Wisata Goa Kiskendo Kulon Progo

Pesona Goa Kiskendo @ewisataterindah

Goa Kiskendo memang tidak sepopuler Goa Pindul, Goa Tubing Kalisuci ataupun Goa Jomblang yang ada di Kabupaten Bantul. Akan tetapi pesona Goa Kiskendo tidak beda jauh dengan pesona goa populer tersebut. Nama Goa Kiskendo mungkin masih terdengar asing untuk para wisatawan. Yuk. Bagi Anda yang merencanakan liburan ke Jogja jangan lupa mengunjungi Goa Kiskendo ini.

Dalam perjalanan dari Kota Jogja menuju goa ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa. Anda akan melihat luasnya sawah yang menghijau dan kesejukan rindangnya pepohonan di sekitar perbukitan menoreh. Anda akan merasakan udara yang sejuk angin sepoi-sepoi yang menyentuh lembut tubuh Anda.

Goa Kiskendo tidak berbeda jauh dengan goa-goa lainnya. Tapi yang membuat goa ini istimewa yaitu adanya legenda tentang tokoh pewayangan yang terpahat indah di tembok batu dekat mulut goa. Anda yang suka dengan wayang Anda dapat melihat keindahan seni pahat pewayangan ini.

Relief yang terpahat di tembok batu ini tentunya menceritakan sebuah kisah tentang tokoh-tokoh pewayangan dan pertempuran hebar antara Masosuro-lembusuro melawan Sugriwo-Subali. Tentunya dengan adanya relief ini sudah dapat Anda bayangkan bagaimana cerita yang ada di goa ini. Goa ini memang dianggap sakral oleh masyarakat setempat, karena banyak terdapat bekas pertapaan.

Goa Kiskendo @jelajahwisata

Karena dianggap sakral, untuk memasuki goa ini saja kita harus meminta ijin terlebih dahulu pada juru kunci dan harus dipandu oleh guide lokal yang sudah berpengalaman dan yang memiliki pengetahuan tentang seluk beluk tiap sudut goa kiskendo ini.

Stalagtit dan stalagmit dalam goa ini tentunya menghiasi setiap dinding goa kiskendo. Goa Kiskendo memiliki panjang 600 meter lebih dari mulut goa. Rute yang bercabang mengakibatkan banyak sekali dan hampir di beberapa tempat masih gelap gulita tanpa penerangan. Sepanjang perjalanan dalam susur goa Anda akan diceritakan oleh pemandu tentang seluk beluk goa ini.

Tiket masuk untuk menikmati keindahan goa ini hanya Rp 3.000 per orang namun belum termasuk jasa guide. Lumayan murah lah untuk pemburu spot wisata.

Lokasi Goa Kiskendo
Lokasi Goa Kiskendo berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Sekitar 38 km dari Kota Jogja dan menempuh waktu sekitar 1-1,5 jam perjalanan. Disarankan untuk Anda menggunakan sepeda motor mengingat akses yang banyak tanjakan tajam selama diperjalanan menuju goa ini.

Bagi Anda yang berasal dari luar Jogja dan tidak memiliki kendaraan pribadi selama di Jogja. Eksotis jogja menyediakan jasa RENTAL MOTOR yang akan mempermudah liburan Anda. Tentunya dengan harga yang terjangkau dan pelayanan yang prima.

Tag #: wisata di jogja, wisata hits jogja, spot foto menarik di jogja, spot instagramable di jogja, wisata keren di jogja, wisata alam di jogja, wisata air terjun di jogja, wisata pantai di jogja, wisata malam, sunset di jogja, sunrise di jogja, malioboro, paket wisata jogja, rekomendasi wisata di jogja, tempat romantis di jogja, rental motor jogja, sewa motor jogja, eksotis jogja, wisata populer di jogja, tempat wisata di jogja, wisata bukit, wisata gunung, wisata budaya, wisata kuliner di jogja, alun-alun kidul, tugu jogja, wisata terbaru jogja, wisata kece di jogja, wisata murah di jogja, tujuan wisata jogja, tempat wisata terbaru, tempat nongkrong jogja, eksplore jogja, traveling ke jogja, visit jogja, berlibur ke jogja, tamasya ke jogja, wisata keluarga, wisata unik di jogja, wisata gratis di jogja, liburan ke jogja, lokasi wisata goa kiskendo, wisata goa kulon progo.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon