14 Okt 2017

Menyusuri Perut Bumi di Cave Tubing Kalisuci, Gunung Kidul

Bermesraan Bersama Sungai di Cave Tubing @paketwisataajogja75

Sudahkah Anda membuat list tempat wisata yang ingin Anda kunjungi?. Jika Anda bingung, di Kota Yogyakarta memang salah satu kota wisata yang menyimpan sejuta tempat wisata. Mulai dari wisata pantai, wisata bukit, wisata gunung, wisata kuliner, bahkan ke wisata goa.

Kabupaten Gunung Kidul salah satu kabupaten yang memiliki karakteristik tanah yang berupa tanah karst. Sehingga tanah di Kabupaten ini termasuk tanah yang tergolong kering. Karena tanag yang bersifat kapur sistem hidrologi juga tergolong tidak baik. Sehinga, seringkali terjadi kekeringan di daerah ini.

Meskipun begitu, Gunung Kidul menyimpan suatu keindahan alam yang tak ternilai  yaitu keberadaan goa. Fenomena goa ini didunia hanya ada tiga yaitu Meksico, Selandia Baru, dan Indonesia tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul yang berada di kawasan Kars Gunungsewu yang dilindungi oleh International Union Speleology (IUS) pada tahun 1993 yang menjadi salah satu warisan alam dunia.

Goa Kalisuci di Gunung Kidul memiliki keindahan seperti goa-goa karst lainnya seperti stalagtit dan stalagmit.  Selaint itu, juga terdapat sungai bawah tanah yang mengalir melalui goa-goa horisontal yang merupakanan suatu sisten aliran sungai bawah tanah yang saling berkaitan satu sama lain.

Para wisatawan tentunya dapat menikmati keindahan bentuk lahan karst ini. Baik susur goa dengan menggunakan peralatan yang tergolong aman seperti perahu karet, tali, pelampung dll. Stalagtit dan stalagmit tentunya juga sangat memukau kokoh bergantungan dan berdiri di dasar goa. Dari ukuran yang kecil hingga yang ukuran besar. Kesejukan dan keindahan menyatu dan mengantarkan Anda dalam pertualangan yang sangat memukau.


Susur Sungai di Cave Tubing Kalisuci @ranselhitam

Susur sungai merupakan potensi wisata yang ditawarkan tempat ini. Untuk keamanan dan keselmatan Anda tidak perlu khawatir, karena Anda akan ditemani oleh seorang pemandu yang profesional serta sudah berpengalaman.

Untuk menikmati susur goa ini pada musim penghujan sangat dilarang datang ke goa ini. Karena akan sangat berbahaya. Debit air dari aliran permukaan yang tinggi nantinya akan berpengaruh pada pasokan air di sungai bawah tanah. Oleh karena itu, pengelola wisata menutup tempat wisata ini pada musim penghujan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Lokasi Cave Tubung Kalisuci ini berada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, dan jarak dari Kota Yogkarta menuju tempat lokasi ini sekitar 40 km yang memakan waktu sekitar 1,5-2 jam perjalanan. Akses menuju Cave Tubing Kalisuci ini tergolong kurang baik, sehingg disarankan untuk menggunakan sepeda motor.

Bagi para wisata yang sudah memiliki rencana ingin berlibur ke goa cave kalisuci ini tidak perlu khawatir terkait transportasi yang digunakan menuju lokasi ini. Eksotis Jogja menyediakan jasa RENTAL MOTOR dengan harga terjangkau.

Tag #: wisata di jogja, wisata hits jogja, spot foto menarik di jogja, spot instagramable di jogja, wisata keren di jogja, wisata alam di jogja, wisata air terjun di jogja, wisata pantai di jogja, wisata malam, sunset di jogja, sunrise di jogja, malioboro, paket wisata jogja, rekomendasi wisata di jogja, tempat romantis di jogja, rental motor jogja, sewa motor jogja, eksotis jogja, wisata populer di jogja, tempat wisata di jogja, wisata bukit, wisata gunung, wisata budaya, wisata kuliner di jogja, alun-alun kidul, tugu jogja, wisata terbaru jogja, wisata kece di jogja, wisata murah di jogja, tujuan wisata jogja, tempat wisata terbaru, tempat nongkrong jogja, eksplore jogja, traveling ke jogja, visit jogja, berlibur ke jogja, tamasya ke jogja, wisata keluarga, wisata unik di jogja, wisata gratis di jogja, liburan ke jogja, lokasi wisata cave tubing kalisuci, wisata goa

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon